20 Hari Berlayar, PRABU Jaya Siap Menyukseskan Pelantara-9 Sail Nias 2019

20 Hari Berlayar, PRABU Jaya Siap Menyukseskan Pelantara-9 Sail Nias 2019

Gadingmangu- Jum’at (30/08) Tepat pukul 10.30 WIB, 10 peserta dan 2 pendamping dari Kontingen Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu mendapat arahan sekaligus pelepasan oleh Kepala SMA Budi Utomo Perak Drs. Bambang Wahyudi, M.Si yang mewakili Yayasan Pendidikan Budi Utomo untuk mengikuti kegiatan “Pelantara-9 Sail Nias 2019.

Pelantara adalah kepanjangan dari Pelayaran Lingkar Nusantara, kegiatan ini sudah berjalan ke-9 kalinya dengan rute tujuan yang berbeda dan juga peserta-peserta pilihan dari berbagai daerah yang ada di Nusantara Indonesia. Para peserta akan berlayar menggunakan kapal perang TNI AL menuju daerah-daerah yang telah dijadikan sebagai rute berlayar selama kegiatan.

Dalam arahannya beliau menyampaiakan kepada peserta untuk selalu menjaga agamanya, sholat 5 waktunya, akhlaknya, budi luhurnya, 6 Thobiat Luhurnya (Rukun, Kompak, Kerjasama yg baik, Jujur, Amanah, Muzhid Mujhid), menjaga kesehatannya, terapkan 5 S nya (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), jadilah orang yang berpengaruh, dan untuk pendamping bliau juga menyampaikan agar slalu mengawasi, mendampingi, memberikan motivasi dan semangat kepada siswa, menjalankan tugas dengan hati yang lapang dan sakdermo karena kegiatan berlangsung kurang lebih 25 hari dengan perjalananya berangkat dan pulang kembali di Gadingmangu sehingga banyak yang ditinggalkan mulai dari keluarga, sahabat, pekerjaan, dan tugas-tugas lain.

Pelantara-9 berlangsung selama 20 hari, mulai tanggal 02-22 september 2019 dengan tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia” dan rute berlayar Jakarta-Lampung-Nias-Sibolga-Medan-kembali ke Jakarta. Perjalanan yang sangat Panjang dan jauh ini tentunya membutuhkan fisik dan mental yang kuat sehingga peserta dan pendamping yang mengikuti kegiatan Pelantara- Sail Nias 2019 harus memenuhi kriteria dan syarat yang ditentukan oleh panitia.

Tidak hanya berlayar, panitia pelaksana juga akan mengadakan berbagai lomba yaitu Lomba Tiup Pluit TNI AL, Lomba Tari Semaphore, Lomba Mendirikan Tenda Terapung, Lomba Membalikan Perahu Karet, Lomba Pengolahan Hasil Laut, Lomba Tarian Adat, dan Lomba Bongkar-pasang alat menyelam. Disamping itu panitia juga akan mengajak peserta untuk mengunjungi daerah-daerah tujuan untuk melakukan bakti social, mengenalkan dan mempromosikan destinasi wisata Indonesia, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang ada dalam Pelantara-9 Sail Nias 2019.

Pukul 15.10 Kontingen Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu bertolak ke Stasiun Kertosono menuju titik kumpul keberangkatan Pelantara-9 Sail Nias 2019 di Tanjung Priok Jakarta. Selama kurang lebih 12 jam perjalanan akhirnya para Kontingen Yayasan Pendidikan Budi Utomo ini sampai juga di Stasiun Pasar Senin Jakarta Pusat.

Pukul 05.30 WIB Kontingen YPBU sampai di Stasiun Pasar Senin

Setelah sampai di Stasiun Pasar Senen Kontingen Yayasan Pendidikan Budi Utomo ini langsung dijemput oleh bus TNI Angkatan Laut. Rasa senang dan Bahagia tergambar di wajah peserta karena tidak sabar untuk segera mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada.

Penjemputan dari TNI AL di STO Pasar senin pukul 05.45 WIB

Ada lima siswa SMK Budi Utomo yang mewakili Pelantara-9 Sail Nias 2019 sebagai Kontingen Yayasan Pendidikan Budi Utomo yaitu Faizal Rohman Rizki Aditya dari kelas XII TKR 2, Trio Lidhol Kurniawan dari kelas XII MM 2, Yanutirta Masubuhi dan Rahardian Muhammad Fauzi dari kelas XII TKJ 3, dan Muhammad Yusuf Al hamid dari kelas XI TKJ 3.

Semoga Kontingen Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu slalu diberikan keadaan aman, lancar, selamat, sehat, kuat, dan barokah dari awal hingga akhir kegiatan Pelantara-9 Sail Nias 2019. Amin..