Home / Berita / Studi Banding SMK Mini Ponpes Gadingmangu ke Istana Bordir Malang

Studi Banding SMK Mini Ponpes Gadingmangu ke Istana Bordir Malang

SMK Mini merupakan program yang diluncurkan Gubernur Jatim, Soekarwo. Program ini mulai dilaksanakan pada 2014, untuk mencetak tenaga kerja terampil dan peluang usaha baru dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di Jawa Timur. Program SMK Mini diprioritaskan di lingkungan pondok pesantren (ponpes) yang lokasinya berdekatan dengan SMK. Selain itu, pembentukan SMK Mini dapat menciptakan peluang usaha baru yang menumbuhkan perekonomian di lingkungan ponpes.

Model SMK Mini lebih pada pemberian pelatihan dunia kerja. Ada beberapa jenis pelatihan usaha kerja di SMK Mini, disesuaikan potensi lokal. Di SMK Budi Utomo mengadakan pelatihan di bidang Bordir Komputer, Program pelatihan SMK Mini hanya enam bulan untuk sekali angkatan. Pelaksanaannya menggandeng dunia usaha dan dunia industri serta tenaga profesional sebagai pelatih.

Dalam rangka mensinkronkan hasil materi pembelajaran yang sudah dilaksanakan kurang lebih 2 bulan para peserta SMK Mini Ponpes Gadingmangu mengadakan Studi Banding pada dunia industri, pada kesempatan ini kami berkunjung ke Istana Bording Malang, tepatnya di Kecamatan Pakis, karena dirasa dunia industri ini paling cocok  dengan program yang sudah dilaksanakan.

Dengan Jumlah peserta kurang lebih 120 orang SMK Mini Ponpes Gadingmangu sangat antusias mengikuti program studi banding yang dilaksanakan pada Jumat, 17 Maret 2017. Berangkat dengan menggunakan 2 Bus Pariwisata rombongan menuju ke Kota Malang menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam perjalanan.

Istana Bordir salah satu home industri skala besar yang sedang tumbuh pesat di kota malang, terbukti dengan jumlah karyawan yang sudah mencapai kurang lebih 50 karyawan, memiliki tenaga ahli dalam bidang bordir komputer maupun bordir mesin manual, dan tenaga ahli desain yang mumpuni, serta istana bordir juga memproduksi kain batik tulis dengan kualitas yang sangat bagus.

Di bagian depan produksi juga terdapat Toko/Butik hasil produksi dari istana bordir, bagi para pengunjung bisa membeli produk-produk busana muslim wanita maupun pria, dan kain batik dan aneka kerajinan dari tangan.

Bpk. Drs. Widodo Foto bersama dengan peserta studi banding smk mini sebelum keberangkatan.
Bpk. Drs. Widodo Foto bersama dengan peserta studi banding smk mini sebelum keberangkatan
Para peserta sedang memperhatikan proses pembuatan gambar bordir sebelum masuk pada proses bordir manual
Peserta sedang memperhatikan proses pembordiran kain mukena dengan seksama
Salah satu pekerja Istana Bordir sedang mengerjakan bordir dengan menggunakan mesin manual
Para siswa sedang mengamati desain batik yang sedang dijemur menunggu proses pewarnaan selanjutnya
Para peserta sedang memperhatikan proses desain batik tulis dengan alat canting
Para siswa sedang memperhatikan proses bordir dengan komputer
Ibu Nur Chanifa sedang menyerahkan cindera mata kepada owner Istana Batik Malang
Bu U’ul Muhaiminu sedang memilih beberapa model baju di butik istana bordir malang
Para siswa sedang berada di depan lokasi industri istana bordir malang

About Administrator SMK Budi Utomo

Check Also

Ujian Kenaikan Kelas : UKK di SMK Budi Utomo Berbasis Komputer

Setelah sukses menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  Tahun 2016/2017, SMK Budi Utomo Jombang mencoba …