QUIZIZZ MEMBUAT BELAJAR MATEMATIKA MENJADI MENYENANGKAN

Oleh : Selly Puspitasari, S.Pd.

Tanpa disadari hampir semua aktivitas sehari – hari melibatkan konsep matematika misalnya membangun rumah/gedung, transaksi jual/beli, menentuan laba,mengukur jarak atau tinggi gedung, atau bahkan melihat/menghitung waktu. Maka dari itu matematika penting bagi kita. Sementara itu, Johnson dan Myklebust mendefinisikan matematika sebagai symbol yang berfungsi melatih kemampuan Menyusun strategi dan kemudahan berpikir. Kedua definisi tersebut menunjukkan bahwa matematika tidak hanya soal angka, tetapi juga memiliki manfaat bagi perkembangan peserta didik kita.

Sayangnya peserta didik menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang menakutkan karena sulit mempelajarinya. Banyak peserta didik yang malas dan enggan untuk belajar matematika.Padahal bila kita mengenal matematika dengan baik, maka kita juga bisa bersahabat dengan matematika.karena anggapan inilah kita harus pandai-pandai untuk mencari model dan media yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

Beragam aplikasi berbasis teknologi dapat dimanfaatkan agar proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik. Pengembangan media pembelajaran menggunakan komputer dan gawai, salah satunya dengan pemanfaatan game edukatif quizizz. Menurut Henry (2010: 53 – 54) dampak positif penggunaan game, salah satunya adalah menyenangkan dan menghibur serta memberikan latihan untuk pemecahan masalah dan logika.


Bagi guru quizizz dapat memudahkan dalam proses evaluasi pembelajaran. Setelah memberikan latihan,guru bisa langsung melihat nilai yang diperoleh setiap siswa pada papan peringkat sehingga proses evaluasi dapat dilaksanakan secara optimal Bahkan guru dapat mendownload statistik dalam bentuk Ms. Excel.


Sedangkan bagi siswa penggunaan quizizz sangat mudah dan sederhana, dalam implementasinya siswa hanya membutuhkan satu perangkat (gawai atau laptop), namun tidak perlu membuat akun di quizizz, dapat langsung bergabung cukup dengan memasukkan game code. Quizizz juga memungkinkan siswa saling bersaing dan memotivasi mereka belajar karena siswa dapat melihat peringkat langsung di papan peringkat.


Game sebagai media pembelajaran yang diintegrasikan dengan materi atau soal-soal evaluasi diharapkan dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, inovatif, saling aktif, dan menyenangkan. Serta menumbuhkan minat belajar siswa khususnya dalam pembelajaran matematika. Aplikasi kuis online quizizz dapat digunakan oleh guru untuk melihat sejauh mana siswa dalam belajar. Penggunaan yang mudah dan hasil yang cepat dalam proses penilaiannya menjadikan aplikasi ini layak digunakan untuk mendukung revolusi pembelajaran 4.0.